fbpx
SEKILAS INFO
  • 7 bulan yang lalu / Adventurindo Tours terdaftar di Dinas Parbud Tomohon No. 09 / Perbud / BPW / V / 2004 Dan Anggota Asosiasi Travel Agent Indonesia No. 001-00810 / SULUT / DPP / XI / 2018.
  • 2 tahun yang lalu / Adventurindo Tours berdiri pada 6 Mei 2004 dengan lisensi Travel dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tomohon. No. 09 / Perbud / BPW / V / 2004. Dan Anggota ASTINDO (Asosiasi Travel Agent Indonesia) No. 001-00810 / SULUT / DPP / XI / 2018.
10 Destinasi Ekowisata Terbaik di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

10 Destinasi Ekowisata Terbaik di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Oleh : admin - Kategori : Berita Pariwisata
5
Oct 2020

Jika Anda ingin berlibur setelah pandemi berakhir, ada banyak sekali Destinasi Wisata yang siap memberikan pengalaman liburan yang mengesankan untukmu. Namun, saking banyaknya, terkadang membuat kita kebingungan. Nah, gimana kalau Anda mencoba ekowisata? Ekowisata merupakan bentuk wisata yang bertanggung jawab terhadap kelestarian alam, memberi manfaat secara ekonomi, dan mempertahankan keutuhan budaya masyarakat setempat. Dengan begitu, selain bisa bersenang-senang, Anda juga bisa ikut melestarikan alam, sekaligus membantu perekonomian masyarakat lokal. Liburan yang sangat bermanfaat, bukan? Yuk, simak berbagai pilihan destinasi ekowisata di Indonesia yang bisa kamu Sobat Pesona jadikan referensi berikut ini!

1. Tangkahan, Sumatera Utara

Inilah kawasan konservasi alam yang sering disebut sebagai surga tersembunyi di Sumatera Utara. Destinasi ini memang tergolong kurang populer di Indonesia, tapi bagi wisatawan asing, ekowisata Tangkahan sangat populer, lho. Selain gajah liar, Tangkahan juga menawarkan pemandangan hutan yang masih alami, udara segar, serta sungai dengan air yang sangat jernih. Berbagai aktivitas mulai dari trekking, river tubing, berkemah, hingga memandikan gajah bisa dicoba di destinasi ini.

2. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting secara keseluruhan memiliki luas sekitar 415 hektare atau hampir sama luasnya dengan Pulau Bali. Di taman nasional ini ada beberapa tipe ekosistem, mulai dari hutan hujan tropis, dataran rendah, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutan bakau, hutan pantai, dan hutan sekunder. Menarik sekali untuk dijelajahi, bukan?

Selain melihat hutan, Sobat Pesona bisa bertemu dengan berbagai macam satwa langka yang dilindungi, misalnya saja lutung merah, kucing hutan, bekantan, beruang, kancil, dan lebih dari 200 jenis burung yang menghuni taman nasional ini. Tak ketinggalan, sebagai pusat rehabilitasi orang utan, Sobat Pesona juga dapat melihat lebih dekat lebih dari 30.000 orang utan di habitat aslinya.

3. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Sobat Pesona bisa merasakan liburan #DiIndonesiaAja yang sangat berkesan dengan mengeksplorasi Taman Nasional Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur. Taman nasional ini sebenarnya terdiri dari tiga pulau besar, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Selain menjadi habitat untuk komodo, Taman Nasional Komodo juga menjadi rumah bagi ratusan spesies hewan darat lain, lho. Sebut saja di antaranya adalah ular, kadal, tikus Rinca, kuda, kerbau, babi hutan, kelelawar buah, rusa Timor, dan lebih dari 40 spesies burung. Nah, daya tarik Taman Nasional Komodo juga bukan hanya di darat, pemandangan bawah lautnya juga tak kalah menakjubkan lho, Sobat Pesona! Ada banyak terumbu karang cantik dan sekitar 1000 spesies ikan yang bisa  kamu temukan di sini.

4. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Destinasi ekowisata #DiIndonesiaAja belum habis, lho. Masih ada Taman Nasional Way Kambas di Lampung yang sudah menunggu untuk Sobat Pesona kunjungi. Di sini, Sobat Pesona akan melihat langsung beberapa hewan yang keberadaannya hampir punah sekaligus yang dilindungi, di antaranya adalah harimau sumatera dan badak sumatera. Jangan lupa juga, ketika berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas, Sobat Pesona wajib untuk mencoba atraksi seru, yakni menyaksikan pertunjukan gajah.

5. Raja Ampat, Papua Barat

Tak perlu liburan jauh-jauh hingga ke mancanegara, karena #DiIndonesiaAja juga terdapat banyak destinasi yang yang memesona. Surga tersebut disebut dengan Raja Ampat. Keindahan yang sempurna berupa laut dengan air yang biru, pemandangan bawah air yang sangat indah, dan lanskap perbukitan yang menantang, semuanya bisa Sobat Pesona saksikan secara langsung di sini. Sobat Pesona bisa duduk santai sambil menatap keindahan alam yang disuguhkan atau bisa menyelam untuk melihat aneka biota laut yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

6. Kawah Ijen, Jawa Timur

Destinasi ekowisata lainnya yang wajib ada di bucket list Sobat Pesona adalah Kawah Ijen, Banyuwangi. Di sini, Sobat Pesona akan menyaksikan secara langsung sebuah fenomena langka yang disebut api biru. Fenomena api biru atau yang sering disebut blue fire ini merupakan fenomena langka yang hanya ada dua di dunia, yaitu di Indonesia dan Islandia. Api biru tersebut tercipta dari gas sulfur yang terbakar saat terpapar udara dari luar. Fenomena api biru semakin menakjubkan dengan semburat merah-jingga pemandangan matahari terbit. 

Untuk mencapai kawah dan menyaksikan fenomena blue fire, Sobat Pesona harus siap melakukan pendakian Gunung Ijen dengan jalur yang cukup menantang. Selama pendakian, Sobat Pesona juga akan sering berpapasan dengan masyarakat setempat yang bekerja sebagai pengumpul belerang. 

Nah, supaya tidak terlalu melelahkan, Sobat Pesona bisa singgah di Desa Tamansari yang letaknya 17 km atau sekitar 30 menit dari kawah. Di sini ada banyak homestay yang dikelola warga lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menjadi tempat istirahat Sobat Pesona. Selain homestay, Desa Tamansari juga menawarkan deretan wisata edukasi, di antaranya peternakan sapi perah, kebun kopi, peternakan lebah madu, dan masih banyak lagi! Jangan ketinggalan juga untuk mengunjungi daya tarik utama Desa Tamansari yaitu Sendang Seruni, sebuah kolam air yang bersumber dari mata air pegunungan. Banyak sekali, bukan? Oleh karena itu, kalau Sobat Pesona punya kesempatan ke Kawah Ijen, jangan lewatkan juga untuk mengunjungi Desa Tamansari, ya!

7. Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh

Jika berlibur ke sini, Sobat Pesona akan mendapatkan paket lengkap. Sobat Pesona bisa melihat pantai, gunung, danau, sungai, dan bahkan sumber air panas. Taman nasional ini merupakan rumah bagi flora dan fauna langka, antara lain kucing hutan, siamang, harimau sumatera, badak sumatera, kambing hutan, dan masih banyak lagi! Kegiatan utama yang paling banyak dilakukan wisatawan di taman nasional ini adalah menaklukan Gunung Leuser dengan mendaki. Pendakian gunung ini biasanya akan memakan waktu sekitar 10-14 hari perjalanan. Nah, kalau kamu mau mendaki, jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai peralatan pendakian yang diperlukan, ya!

8. Pulau Nusa Penida, Bali

Sobat Pesona akan disambut oleh deretan perbukitan yang dikelilingi oleh lautan ketika tiba di Nusa Penida. Pulau kecil ini memiliki daya tarik yang luar biasa berupa pantai pasir putih  yang eksotis seperti di Pantai Atuh Nusa Penida, dan pemandangan yang menakjubkan dari atas tebing di bagian selatan Pulau Nusa Penida yang menghadap ke Samudra Hindia. Beberapa destinasi paling populer yang biasa dikunjungi untuk menyaksikan pemandangan Samudra Hindia adalah Banah Cliff, Bukit Pantai Kelingking Nusa Penida, dan Saren Cliff. 

Tak berhenti di situ, Pulau Nusa Penida juga menawarkan pesona bawah laut yang istimewa. Dengan dikelilingi lautan lepas, membuat pulau ini menjadi ‘rumah’ bagi para pecinta diving maupun snorkeling berkat panorama surgawi bawah lautnya. Lokasi scuba diving dan snorkeling di antaranya adalah Malibu Point, Penida Bay, Toyapakeh, Manta Point, Batu Meling, Batu Abah, dan Batu Lumbung.

9. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Keseruan liburan #DiIndonesiaAja belum berakhir. Masih ada surga lainnya yang patut untuk kamu eksplorasi, yakni Taman Nasional Bunaken. Ada banyak sekali terumbu karang yang indah serta puluhan jenis ikan menghuni taman nasional yang terletak di Sulawesi Utara ini. Tak heran, banyak wisatawan yang menyebut Taman Nasional Bunaken sebagai salah satu taman laut paling indah di dunia. Jika Sobat Pesona sangat suka menyelam, Taman Nasional Bunaken wajib banget kamu datangi, meski hanya sekali seumur hidup.

10. Desa Wisata Tembi, Daerah Istimewa Yogyakarta

Sobat Pesona merasa bosan dengan suasana kota dan ingin merasakan suasana pedesaan? Datang saja ke Desa Wisata Tembi. Di sini, Sobat Pesona dapat menghirup udara segar, menikmati pemandangan hijau area sawah, dan merasakan secara langsung kearifan budaya lokal. Semakin seru karena kamu bisa berkeliling desa dengan mengendarai andong, becak, kereta mini, atau sepeda onthel. Untuk Sobat Pesona yang ingin menambah pengalaman bercocok tanam, ada paket wisata khusus, lho! Satu lagi, Desa Wisata Tembi juga punya Museum Rumah Budaya Tembi sebagai daya tarik lainnya. Di museum ini, Sobat Pesona bisa menemukan berbagai benda pusaka Jawa seperti keris, gamelan, dan masih banyak lagi! 

Itulah beberapa rekomendasi destinasi ekowisata yang bisa Sobat masukkan ke dalam rencana liburan #DiIndonesiaAja nanti setelah pandemi berakhir. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya Sobat Pesona, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, di antaranya adalah dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, dan terapkan jarak aman ke mana pun kamu pergi.

Source: Indonesia dot travel

Data Perusahan

Adventurindo Tours

SIUP 09 / Perbud / BPW / V / 2004
TDUP 180918000086
NPWP 02.093.877.5-821.000
Jl. Venny Lasut No. 02 Kakaskasen Dua - Tomohon - 95416

08114370678

0431355953