fbpx
SEKILAS INFO
  • 6 bulan yang lalu / Adventurindo Tours terdaftar di Dinas Parbud Tomohon No. 09 / Perbud / BPW / V / 2004 Dan Anggota Asosiasi Travel Agent Indonesia No. 001-00810 / SULUT / DPP / XI / 2018.
  • 2 tahun yang lalu /
Lihat Langsung Kerukunan Beragama di Bukit Kasih Kanonang

Lihat Langsung Kerukunan Beragama di Bukit Kasih Kanonang

Oleh : admin - Kategori : Artikel Wisata Manado
3
May 2020

Di Sulawesi Utara, ada sebuah objek wisata menawan yang begitu menggambarkan keberagaman umat beragama di Indonesia, Bukit Kasih Kanonang namanya. Dari namanya saja sudah menggambarkan apa yang ada di dalam objek wisata ini. Bukit Kasih berada di 50 km sebelah selatan Kota Manado, tepatnya di Desa Kanonang, Kabupaten Minahasa.

Sebetulnya, Bukit Kasih Kanonang ini merupakan bukit belerang yang masih aktif hingga kini. Pertama kali dibangun pada tahun 2002 sebagai pusat spiritual antar umat bergama. Dikatakan sebagai pusat spiritual karena di bukit ini terdapat lima rumah ibadah yang berjejeran, ada sebuah gereja Katolik, gereja Kristen, Vihara, Masjid, dan Kuil Hindu yang dibangun di puncak kedua. Jadi bisa dikatakan, tempat ini sangat menggambarkan ragam agama di Indonesia yang sesuai dengan “Bhinneka Tunggal Ika”-nya.

Keberagaman ini sudah terasa sejak pertama kali Anda menginjakkan kaki di Bukit Kasih Kanonang. Di pintu masuknya terdapat sebuah tugu setinggi 22 meter yang dinamakan Tugu Toleransi. Di dalam Tugu Toleransi, Anda akan melihat simbol dna kutipan dari masing-masing agama, unik sekali. Tugu ini juga dibuat sebagai monument untuk mengingatkan akan toleransi dalam kehidupan beragama di Tanah Air.

Maju ke puncak pertama, Anda akan melihat salib berwarna putih yang memiliki ketinggian 53 meter. Bahkan, saking tingginya, salib ini terlihat dari Pantai Boulevard Manado. Menaiki anak tangga yang cukup panjang, setibanya di bukit Anda akan menyaksikan pemandangan luar biasa, yaitu kelima rumah ibadah yang berjejer rapi dan megah. Di Bukit Kasih Kanonang, para pengunjung bisa bisa menyempatkan diri untuk beribadah dan berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.

Fasilitas dan Akses Menuju Bukit Kasih

Anda tidak perlu khawatir, karena begitu banyak fasilitas untuk wisatawan yang disediakan oleh pengembang di Bukit Kasih Kanonang. Fasilitas tersebut, di antaranya ada kolam air panas alami, toilet umum, beberapa warung yang menjual berbagai makanan dan minuman pelepas dahaga, toko oleh-oleh khas Manado, toko merchandise tempat wisata, hingga jasa foto.

Di sekitar objek wisata Bukit Kasih Kanonang juga terdapat penginapan dengan rate harga yang beragam. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga bisa menginap di pusat Kota Manado karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota. Di Kota Manado, Anda bisa memilih penginapan yang lebih beragam lagi, mulai dari hotel kelas melati hingga hotel bintang lima.

Untuk mencapai Bukit Kasih Kanonang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi jika ingin lebih praktis. Namun, jika tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda juga bisa naik angkutan umum. Caranya dengan menaiki angkutan umum menuju Kota Tomohon yang perjalanannya kurang lebih memakan waktu 1 jam perjalanan.

Sesampainya di Kota Tomohon lanjut menaiki angkutan umum menuju Desa Kanonang yang terletak di Kabupaten Minahasa. Perjalanan dari Kota Tomohon menuju Desa Kanonang kira-kira memakan waktu tempuh 30 menit perjalanan. Jadi, waktu yang ditempuh untuk menuju objek wisata ini dari Kota Manado menggunakan kendaraan umum adalah sekitar 1 jam 30 menit atau satu setengah jam.

Perjalanan satu setengah jam tentu saja tidak akan terasa begitu lama saat Anda sampai di objek wisata Bukit Kasih Kanonang. Sebab, selain objek wisatanya yang memang bernilai, sepanjang perjalanan Anda juga akan disuguhkan pengalaman perjalanan yang seru, yaitu berupa pemandangan bukit yang asri dan hijau.

Data Perusahan

Adventurindo Tours

SIUP 09 / Perbud / BPW / V / 2004
TDUP 180918000086
NPWP 02.093.877.5-821.000
Jl. Venny Lasut No. 02 Kakaskasen Dua - Tomohon - 95416

08114370678

0431355953