fbpx
SEKILAS INFO
  • 6 bulan yang lalu / Adventurindo Tours terdaftar di Dinas Parbud Tomohon No. 09 / Perbud / BPW / V / 2004 Dan Anggota Asosiasi Travel Agent Indonesia No. 001-00810 / SULUT / DPP / XI / 2018.
  • 2 tahun yang lalu /
Nikmati kuliner dengan pemandangan danau dan gunung di danau Tondano

Nikmati kuliner dengan pemandangan danau dan gunung di danau Tondano

Oleh : admin - Kategori : Artikel Wisata Manado
25
Apr 2020

Jika Sumatera memiliki Danau Toba sebagai danau terluas di Pulau Sumatera, maka Sulawesi memiliki Danau Tondano. Danau yang terletak di provinsi Sulawesi Utara tersebut merupakan  danau terluas yang ada di Sulawesi. Sama halnya seperti Danau Toba, danau ini juga memiliki legenda yaitu terjadinya letusan Gunung Kaweng yang membentuk kubangan besar karena sepasang kekasih tak direstui yang melanggar larangan menikah.

Serba-serbi Danau Tondano

Danau Tondano terletak di Desa Remboken dan mencakup dua kabupaten di provinsi Sulawesi Utara yaitu Kabupaten Kawangke dan Kabupaten Tomohon. Danau ini sangat dekat dari Kota Tomohon, yaitu hanya berjarak 3 kilometer. Dari Kota Manado, dibutuhkan waktu perjalanan yang lebih lama karena jaraknya yang lumayan jauh yaitu sekitar 30 kilometer.

Danau Tondano merupakan danau terluas yang ada di Sulawesi ini tak hanya berkontribusi dari segi pariwisata dan sarana transportasi air tetapi juga dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti sumber air untuk kawasan pertanian, perikanan, saluran irigasi hingga sebagai sumber energi listrik.

Sebagai danau terluas di Sulawesi, Danau Tondano memiliki ukuran sekitar 5 km x 11 km dengan luas lebih dari 4 ribu hektar. Danau ini letaknya tak jauh dari Gunung Kaweng sehingga lokasi danau yang satu ini cukup tinggi, yaitu sekitar 684 meter di atas permukaan laut. Akibatnya, suhu udara serta suasana yang ada di danau yang satu ini sangat sejuk.

Untuk memasuki kawasan danau tondano, wisatawan hanya perlu membayar 4 ribu rupiah. Bagi wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati kuliner khas, wisatawan dapat bersantai di bangunan yang menjorok ke arah danau yang terbuat dari bambu dan kayu.

Danau terluas di Sulawesi ini dikellilingi kawasan perbukitan yang indah sehingga wisatawan tak akan bosan saat berkunjung ke objek wisata yang satu ini. Selain kawasan perbukitan di sekitar danau, wisatawan juga dapat menemukan pulau kecil yang terdapat di tengah danau dengan posisi yang agak menyamping.

Pulau kecil tersebut ukurannya hanya sekitar 100 m x 30 meter yang disebut Pulau Likri. Pulau Likri tanpak seperti segumpal rumput yang mengembang di bagian tengah danau sehingga mampu memberikan kesan yang unik.

Danau terluas di Sulawesi ini memiliki spesias ikan khas bernilai ekonomi tinggi yang hanya dapat ditemui di danau ini yaitu ikan marbel goby atau biasa juga disebut sebagai ikan betutu. Selain ikan betutu, danau ini juga menyimpan berbagai spesies ikan air tawar lainnya seperti ikan gurame, ikangabus, ikan mujaer, ikan tawes hingga lobster air tawar. Banyaknya jenis ikan pada objek wisata danau yang satu ini membuat wisatawan dapat memancing dengan leluasa di kawasan danau.

Sebagai objek wisata favorit penduduk setempat setelah Taman Nasional Bunaken, danau terluas di Sulawesi ini menyediakan berbagai fasilitas wisata yang cukup lengkap termasuk penginapan. Terdapat beberapa fasilitas penginapan serta hotel yang tersedia di kawasan objek wisata ini sehingga wisatawan yang ingin berlibur lebih lama tidak akan merasa kesulitan mencari tempat untuk menginap.

Di kawasan Danau Tondano, terdapat Resor Wisata Bukit Pinus dan Sumaru endo Reboken yang memiliki daya tarik tersendiri. Wisatawan dapat mencapai tempat tersebut dengan melakukan perjalanan menuju Toliang Oki dari danau. Dari kawasan Toliang Oki dan Tondano Pantai, wisatawan dapat melihat keindahan Laut Maluku yang letaknya di luar Bukit Lambean.

Data Perusahan

Adventurindo Tours

SIUP 09 / Perbud / BPW / V / 2004
TDUP 180918000086
NPWP 02.093.877.5-821.000
Jl. Venny Lasut No. 02 Kakaskasen Dua - Tomohon - 95416

08114370678

0431355953